Tuesday, March 13, 2012

Masalah Sekring Yamaha V-Ixion, Mudah Diatasi


Mogok dan sekring tidak putus memang membingungkan
Di motor injeksi, jika mesin mati mendadak, banyak yang langsung mengecek sekring. Sebab biasanya karena sekring putus. Nah, apabila kondisinya aman-aman, saja sudah pasti pusing. Mekanik pun banyak tertipu. Hal seperti ini acap terjadi pada Yamaha V-ixion.

Awalnya membuat  kelimpungan. Sebab ciri-cirinya menunjukkan sekring putus, tapi jika dilihat ternyata tidak putus, Lebih jelasnya,  dua ciri-ciri awal penyakit ini. Pertama, saat motor jalan, mesin mendadak mati. Padahal lampu indikator kuning dan merah menyala. 

Kejadian kedua biasanya terjadi adalah saat motor dipakai, lampu indikator yang berwarna kuning menyala. Kemudian jika lampu dinyalakan, maka mesin akan mati. "Kedua ciri dan penyakit seperti itu sering banget terjadi.

Sekring pengganti lebih kokoh 


Untungnya saya tidak langsug memutuskan untuk membawa kebengkel, jika mekanik yang didatangi kurang paham penyakit seperti, akan membuat belanja banyak. Ada yang karena mengikuti mekanik, harus belanja aki, sepul sampai kiprok. Padahal masalahnya tetap saja tidak bisa diobati.

 Setelah beberapa kali memperhatikan kelistrikan dan sekring, akhirnya saya mencoba untuk mengganti sekringnya saja. Walaupun kondisinya tidak putus, tapi penasaran. Sebab komponen kelistrikan lainnya dalam kondisi baik. Akhirnya saya berkesimpulan, untuk mencoba mengganti sekring.

Ternyata setelah ganti sekring, masalah tadi tidak pernah terjadi lagi. Artinya, penyakit selama ini memang karena sekring. Kita jadi tertipu karena kondisinya tidak putus. Beda halnya kalau terlihat putus, kita langsung tau.

Ternyata, masalah ini sering terjadi pada motor yang berumur di atas 1 tahun. Jadi, menurut analisa saya, jika V-xion sudah berumur, sekringnya gampang panas. Jika panas, daya antar listriknya jadi berkurang. Sehingga timbul masalah seperti tadi.

Namun kudu pilih sekring khusus. Untuk spesifikasi penggantinya, saya tetap menggunakan sekring 20 ampere, sama dengan aslinya. Perbedaan  akan terlihat, jika diperhatikan secara detail dan seksama. 

Untuk harganya, tidak mahal. Hanya berkisar Rp 2 sampai 5 ribu. Sama dengan harga sekring standar di bengkel resmi. Tapi, rada susah nyari sekring yang bagus. ok semoga tips ini bermanfaat buat yang punya V-ixion

0 comments:

Post a Comment